Minggu, 17 April 2011

Kolumna Vertebra



Kolumna vertebralis terdiri dari sejumlah tulang (yang disebut vertebra) yang berhubungan kokoh, tetapi tetap dapat menghasilkan gerakan terbatas satu sama lain. Kolumna vertebralis merupakan penyangga utama kepala dan batang tubuh. Kolumna ini juga berfungsi melindungi medulla spinalis dan Mempertahankan posisi tegak saat duduk dan berdiri. Pergerakan antara dua vertebra yang berurutan sangat terbatas, tetapi gerakan kolumna vertebralis secara keseluruhan cukup bermakna. Dan untuk melakukan gerakan sendi ini juga diperlukan : 



  •      Otot- otot yang membantu menggerakkan sendi pada discus intervertebralis.
  •      Ligament-ligament yang ada di sekitar sendi yang merupakan penghubung kedua buah tulang yang bersendi sehingga tulang menjadi kuat untuk melakukan gerakan-gerakan tubuh.
  •    Persyarafan yang berperan menggerakkan otot-otot di sekitar kolumna vertebralis sehingga dapat menghasilkan sebuah gerakan, misalnya membungkuk.

Diskus intervertebralis berfungsi sebagai bantalan yang berfungsi sebagai bantalan terhadap hentakan yang mungkin terjadi, misalnya saat melompat dari ketinggian dan mendarat dengan kaki dan mencegah vertebra dari pergeseran. Setiap discus intervertebralis tersusun dari annulus fibrosus yang terletak di luarnya dan nucleus pulposus yang terletak di dalamnya.
http://poenya-moe.blogspot.com
Annulus Fibrosis merupakan suatu cincin yang tersusun oleh lamella fibrocartilaginea yang konsentris. Cincin tersebut diselipkan di cincin epiphysis pada facies articularis corpus vertebra. Serabut-serabut yang menyusun tiap lamella berjalan miring (oblique) dari satu vertebra ke vertebra lainnya. Pola yang seperti ini, walaupun memungkinkan terjadinya gerakan antar dua vertebra yang berdekatan juga berfungsi sebagai pengikat yang erat antar dua vertebra tersebut.

Nucleus Pulposus merupakan inti dari discus intervertebralis yang berupa suatu massa gelatinosa. Nucleus pulposus terletak agak ke belakang tidak dapat di tengah-tengah oleh karena lamellae annulus fibrosus di daerah posterior tipis dan jumlahnya sedikit. Nucleus pulposus mengandung air dalam jumlah yang banyak saat lahir tetapi akan terus berkurang seiring bertambahnya usia. 
http://poenya-moe.blogspot.com

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar