Rabu, 24 Agustus 2011

Tulang Pembentuk Kolumna Vertebra


Kolumna vertebra terbentuk dari tulang-tulang individual yang disebut sebagai vertebra. Terdapat sekitar 26 vertebra, meliputi 7 vertebra servikal, 12 vertebra torakal, 5 vertebra lumbar, 1 vertebra sakral (yang terdiri atas 5 vertebra individual) dan 1 vertebra koksigeal (yang terdiri atas 4-5 koksigeal kecil).
ü  Ketujuh vertebra servikalis merupakan vertebra terkecil dan dapat dengan mudah dikenali karena prosessus transversusnya mengandung foramina sebagai tempat lewat dan perlindungan bagi arteri dan vena vertebralis. Prosessus spinosus bercagak (forked) dan menjadi tempat perlekatan otot dan ligament. Vertebra servikal pertama disebut juga atlas. Vertebra ini tidak mempunyai badan ataupun prosessus spinosus, melainkan terdiri dari tulang berbentuk cincin dengan dua segi yang berartikulasi dengan tulang oksipital (Atlanto occipital joint). Axis atau vertebra servikalis II mempunyai prosessus seperti gigi yang kuat yang disebut dens (prosessus odontoid) yang menjulang ke atas dari badan vertebra dan merupakan tiang putar bagia atlas dan tulang tengkorak yang memungkinkan kepala menengok.
 
Vertebra servikalis VII mempunyai ciri khas berupa prosessus spinosus yang sangat panjang yang dapat dilihat dan diraba melalui kulit di basis leher atau bagian bawah tengkuk. Karena ciri khususnya ini maka tulang ini disebut vertebra prominens. Bentuk gerak dari vertebra servikal itu sendiri berupa rotasi dan lateral fleksi kanan-kiri.
 
Bagian-bagian vertebra serikal :
·         Body
·         Prosessus spinous
·         Lamina
·         Posterior & anterior tubercle
·         Prosessus transversus
·         Pedicle
·         Foramen transversus
·         Superior & inferior articular facet
·         Vertebral foramen (kanalis vertebralis)
 http://poenya-moe.blogspot.com/
ü  Kedua belas vertebra torakalis lebih besar dari pada vertebra servikalis dan ukurannya semakin besar dari atas ke bawah. Badan vertebra terlihat seperti jantung. Tidak mempunyai foramen transversus seperti pada vertebra servikalis. Khas pada vertebra segmen torakal adalah adanya facies untuk artikulasi dengan tulang iga (kostal). Facies ini ada yang terletak di prosesus transversus dan ada yang terletak di prosesus spinosa. Kepala iga terletak diantara dua vertebra dan berarikulasi dengan satu bidang padavertebra di atas dan satu bidang pada vertebra di bawah.
 
Bagian-bagian vertebra torakal :
·         Body
·         Prosessus spinous
·         Lamina
·         Prosessus transverse
·         Pedicle
·         Demifacet
·         Vertebral foramen
·         Superior & inferior aticular processes
·         Superior & inferior vertebral notch
ü  Kelima vertebra lumbalis merupakan vertebra paling besar dan tidak mempunyai segi untuk berartikulasi dengan iga. Body vertebra lumbal lebih tebal dari vertebra torakal dan permukaan superior & inferiornya lebih oval. Vertebra lumbal hanya mempunyai facet bukan demifacet pada bodi. Prosessus spinosusnya kuat dan besar dan merupakan tempat perlekatan otot. Adanya prosesus asesorius pada prosesus transversus dan prosesus mamilaris pada prosesus artikulasi superior menjadi ciri khas pada segmen lumbalis. Vertebra lumbalis memiliki mobilitas yang paling besar dan spesifik sehingga menuntut konsekuensi stabilitas yang besar. Beban terbesar diterima oleh discus, kemudian facet, ligamen dan otot.
 
                                    Bagian-bagian vertebra lumbalis :
·         Body
·         Pedicle
·         Lamina
·         Prosessus Spinous
·         Prosessus transversus
·         Accessory process
·         Mamillary process
·         Vertebral foramen
ü  Kelima vertebra sakralis bergabung menjadi satu tulang besar yang disebut sakrum. Berbentuk segitiga dan merupakan baji antara kedua tulang panggul. Sakrum berartikulasi dengan tulang panggul. Permukaan pelvis tulang sakrum berbentuk konkaf dan tonjolan anterior pada ujung atasnya dikenal sebagai promontorium sakralis. Prosessus spinosus pada sakral menyatu pada bagian tengah disebut median sacral crest. Foramen vertebralis pada tulang sakrum disebut kanalis sakralis dan ujung dari kanalis sakralis disebut hiatus sakralis. Dari kanal sakralis muncul empat muara untuk dilewati akar syaraf.
 
ü  Tulang koksigeus merupakan tulang kecil berbentuk segitiga yang terdiri dari gabungan empat vertebra yang berartikulasi dengan sakrum dan sendi ini yang memungkinkan sedikit gerakan ke belakang dan ke depan, yang akan memperbesar ukuran pintu keluar pelvis saat wanita melahirkan.
Bagian-bagian vertebra sakralis dan koksigeus :
·         Sacral body
·         Sacral foramina
·         Auricular surface
·         Medial sacral crest
·         Sacral conu
·         Sacral kanal
·         Sacral hiatus
·         Sacral promontory
·         Coccygeal conu
Lengkung kolumna vertebralis, bila dilihat dari samping maka kolumna vertebralis memperlihatkan empat kurva atau lengkung anterior-posterior; lengkung vertikal pada daerah leher melengkung ke depan, daerah torakal melengkung ke  belakang, daerah lumbal melengkung ke depan dan daerah pelvis melengkung ke belakang.
Sendi yang terbentuk antara cakram dan vertebra adalah persendian dengan gerakan yang terbatas saja dan termasuk sendi jenis simphisis, tetapi jumlahnya yang banyak memebri kemungkinan membengkok kepada kolumnanya secara keseluruhan. Gerakannya yang mungkin adalah flexi, ekstensi, lateral fleksi dan rotasi.
http://poenya-moe.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar